SEMANGAT ISLAMI Mewarisi ajaran nabi tapi tetap sesuai zaman, meluruskan tapi tak merusak akidah dan syariah

Nuzul Quran = Lailatul Qadar?

Secara umum dalam masyarakat muslim di Indonesia, pada bulan Ramadhan sering diperingati acara turunnya kitab suci Al Quran yang dinamakan Nuzul Quran. Selain itu, di dalam bulan Ramadhan kaum muslimin juga berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya guna memperoleh keutamaan Lailatul Qadar. Di dalam Al Quran dijelaskan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya Al Quran. Jadi, apa perbedaan antara Nuzul Quran dan Lailatul Qadar?

Firman Allah:
Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)....{QS. Al Baqarah: 185}

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadar). {QS. Al Qadr: 1}

Kedua ayat di atas memiliki kaitan tentang turunnya Al Quran. Surah al Baqarah ayat 185 menjadi rujukan tentang Nuzul Quran, sedangkan surah al Qadr ayat 1 merupakan dalil adanya lailatul qadar sebagai malam turunnya Al Quran. Jika kedua ayat di atas dihubungkan didapat kesimpulan bahwa Nuzul Quran dan Lailatul Qadar itu terjadi pada bulan Ramadhan.

Al Quran pertama kali diturunkan di Gua Hira' pada malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran nabi, yaitu surah al Alaq ayat 1-5. Mengenai turunnya Al Quran ini, Syeikh Muhammad Ali Ash-Shabuni berpendapat bahwa selain diturunkannya wahyu pertama pada malam itu, Allah juga menurunkan ayat-ayat dan surat-surat Al Quran yang lain sekaligus dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah di langit. Kemudian secara berangsur-angsur diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Pendapat Ash Shabuni dikuatkan oleh Imam Suyuthi dalam kitabnya, Al Itqan.

Dari Abbas, Rasulullah saw. bersabda : Allah menurunkan Al Quran pada malam kemuliaan (Lailatul Qadar) di Bulan Ramadhan ke langit dunia secara keseluruhan. Kemudian Allah menurunkannya secara berangsur-angsur. (HR. Hakim & Baihaqi)

Dengan demikian jelaslah bahwa turunnya surah Al Alaq ayat 1-5 pada malam 17 Ramadhan merupakan peristiwa bersejarah yang disebut Nuzul Quran. Sedangkan turunnya Al Quran secara keseluruhan ke Baitul Izzah menurut istilah Al Quran disebut dengan Lailatul Qadar. (SMZ)

3 komentar:

rijal mengatakan...

apa ada dalil sahih atau bukti otentik bahwa turunnya al-qur'an tanggal 12 ramadhan?

rijal mengatakan...

17 ramadhan maksudnya

Unknown mengatakan...

Di dalam Al Quran dijelaskan:
"...jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Al Anfal: 41)

Furqaan ialah: pemisah antara yang hak dan yang batil. Yang dimaksud dengan hari Al Furqaan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar, pada hari Jum'at 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. Sebagian mufassirin berpendapat bahwa ayat ini mengisyaratkan kepada hari permulaan turunnya Al Quranul Karim pada malam 17 Ramadhan.