SEMANGAT ISLAMI Mewarisi ajaran nabi tapi tetap sesuai zaman, meluruskan tapi tak merusak akidah dan syariah

Al Mir'ah


Imam Al Ghazali dalam teori cermin (Al Mir'ah) yang tertuang dalam Kitab Ihya Ulum al Din, beliau menerangkan bahwa hati manusia ibarat cermin, sedangkan petunjuk Tuhan bagaikan nur (Cahaya). Jika hati manusia benar-benar bersih niscaya ia akan bisa menangkap cahaya petunjuk Ilahi dan memantulkan cahaya itu ke sekitarnya.

Jika hati manusia tidak dapat menerima sinyal spiritual Ilahi, maka ada 3 kemungkinan dalam hatinya. Pertama, cerminnya terlalu kotor sehingga cahaya Allah yang begitu terang tidak dapat ditangkap dengan cermin rohani yang dimilikinya. Yang termasuk dalam golongan ini adalah mereka yang seringkali melakukan tindakan-tindakan kotor, aniaya dan keji.

Kedua, di antara cermin dan cahaya itu terdapat penghalang yang tak memungkinkan cahaya Ilahi menyentuh cermin tersebut. Yang digolongkan ke dalam kategori ini adalah orang-orang yang menjadikan harta, tahta dan kesenangan dunia sebagai prioritas dan orientasi hidupnya.

Kemungkinan ketiga yang menyebabkan hati manusia tidak dapat menerima cahaya Ilahi adalah karena cermin hatinya membelakangi sumber cahaya sehingga tidak dapat diharapkan akan tersentuh oleh cahaya petunjuk Ilahi. Yang termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang kafir yang dengan sadar mengingkari eksistensi (baca:keberadaan) Allah. (SMZ)

Download File : 

Tidak ada komentar: